Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Intensitas Modah Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2020)

Authors

  • Eline Tania Wijaya Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Leverage, Profitabilitas, Intensitas Modal, Agresivitas Pajak

Abstract

Membayar pajak dianggap sebagai tindakan yang akan menimbulkan biaya yang akan menyedikitkan keuntungan yang diperoleh perusahaan sehingga pihaknya akan mengambil tindakan untuk mengurangi pembayaran pajak dengan agresivitas pajak. Agresivitas pajak ialah upaya menekan pembayaran pajak sekecil mungkin dengan cara yang agresif.

Penelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui dan mendapat bukti empiris dari pengaruh leverage, profitabilitas dan intensitas modal terhadap agresivitas pajak. Penelitian ini memakai data kuantitatif dengan metode penentuan sampel yang dipilih ialah purposive sampling dan besaran sampel yang digunakan adalah 44 sampel. Analisis regresi linear berganda adalah teknik analisisnya.

Dari sampel yang digunakan memperlihatkan secara parsial leverage dan intensitas modal tidak ada pengaruh pada agresivitas pajak, sementara profitabilitas mempunyai pengaruh pada agresivitas pajak. Secara simultan leverage, profitabilitas dan intensitas modal tidak memiliki pengaruh pada agresivitas pajak.

Published

2022-06-16