Pengaruh Gross Profit Margin (GPM), Current Ratio (CR), Inflasi, dan BI Rate Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Indeks LQ45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode Tahun 2018-2020

Authors

  • Elvira Audina Universitas Buddhi Dharma
  • Susanto Wibowo Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Gross Profit Margin, Current Ratio, Inflasi, BI Rate, Harga Saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis secara parsial maupun simultan pengaruh Gross Profit Margin, Current Ratio, Inflasi, dan BI Rate terhadap Harga Saham pada perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2020.

Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah sebanyak 45 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yaitu metode purposive sampling, sehingga didapat sebelas perusahaan sebagai sampel. Uji analisis statistik data menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan olah data menggunakan SPSS versi 25.

Hasil penelitian secara parsial, Gross Profit Margin dan Current Ratio berpengaruh terhadap Harga Saham dengan nilai signifikan sebesar 0,021 dan 0,037, sedangkan Inflasi dan BI Rate tidak berpengaruh terhadap Harga Saham dengan nilai signifikan 0,644 dan 0,966. Namun secara simultan, Gross Profit Margin, Current Ratio, Inflasi, dan BI Rate berpengaruh terhadap Harga Saham pada perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di BEI periode 2018-2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-16