Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)
Keywords:
Pajak, TunnelingIncentive, Mekanisme Bonus, TransferPricingAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh pajak, tunnelingincentive dan mekanismebonus terhadapkeputusan transferpricing. dalam penelitian ini, variabelterikatnya adalah transferpricing dan variabelbebasnya adalah pajak, tunnelingincentive dan mekanismebonus. Penelitianini menggunakan metodesampling yang ditargetkan untuk pengambilan sampel. Sasaran survei ini adalah perusahaanmanufaktur sektorindustri barangkonsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2019. Jumlah sampel sebanyak 9 perusahaan dan periode survei 4 tahun sehingga terdapat 36 data. Regresi linierberganda adalah teknik analisis data yang digunakan dalam penelitianini dan data diolah denganmenggunakan program SPSSVER25. Hasilpenelitian ini menunjukkan bhwa variabelpajak dan mekanismebonus tidakberpengaruhh terhadap transferpricing, (0,867>0,050) untuk pajak dan (0,843>0,050) untuk mekanismebonus, sedangkan variabel tunneling incentive (0,006 < 0,050) nilai tersebut mempengaruhi transferpricing. Secarasimultan, pajak, tunneling incentivee, dan mekanisme bonus berpengaruh terhadapkeputusan transferpricing.