Pengaruh Komite Audit, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

Authors

  • Yunie Kartika Universitas Buddhi Dharma
  • Sabam Simbolon Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Manajemen Laba, Komite audit Profitabilitas, Leverage

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komite audit profitabilitas dan leverage terhadap manajemen laba yang diukur dengan discretionary accruals. Dalam agency theory, masalah keagenan muncul karena adanya perilaku oportunistik dari agent, yaitu perilaku manajemen untuk memaksimumkan kesejahteraannya sendiri yang berlawanan dengan kepentingan principal. Manajer memiliki dorongan untuk memilih dan menerapkan metode akuntansi yang dapat memperlihatkan kinerjanya yang baik untuk mendapatkan bonus dari principal, pilihan metode secara sengaja dipilih oleh manajemen dikenal dengan istilah manajemen laba.

Jenis penelitian ini adalah studi empiris. Penelitian dilakukan pada 15 perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Data mengenai discretionary accruals untuk mengukur manajemen laba, komite audit independen untuk mengukur komite audit, ROA (return on asset) untuk mengukur profitabilitas, debt ratio untuk mengukur leverage dan di uji dengan menggunakan uji regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa komite audit memiliki nilai sig sebesar 0,000 yang berarti bahwa komite audit berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, pada hasil Profitabilitas menunjukan nilai sig sebesar 0,120 yang berarti bahwa profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba dan pada hasil leverage menunjukan hasil 0,223 yang berarti bahwa leverage tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. Dihasil uji anova menunjukan nilaisig sebesar 0,000 yang berarti komite audit, Profitabilitas dan leverage secara bersama-sama berpengaruh terhadap manajemen laba.

Published

2022-06-16