Analisa Pengaruh Nilai Perusahaan, Dewan Komisaris Independen dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016- 2020)

Authors

  • Marsela Ekawati Universitas Buddhi Dharma
  • Farid Addy Sumantri Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Nilai Perusahaan, Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Opini Audit Going Concern

Abstract

Opini audit going concern yang diterima oleh sebuah perusahaan menunjukkan adanya kondisi dan peristiwa yang menimbulkan keraguan auditor akan kelangsungan hidup perusahaan. Beberapa penelitian yang telah dilakukan mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap opini audit going concern. Namun, hasil penelitian tersebut masih menunjukkan ketidak konsistenan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Kembali faktor-faktor yang mempengaruhi opini audit going concern. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan, dewan komisaris independen dan kepemilikan manajerial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sebanyak 11 perusahaan dari 27 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun, sehingga data penelitian sebanyak 42 sampel dengan menggunakan SPSS versi 25. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai Perusahaan berpengaruh terhadap Opini Audit Going Concern, (2) Dewan Komisaris Independen tidak berpengaruh terhadap Opini Audit Going Concern, (3) Kepemilikan Manajerial berpengaruh terhadap Opini Audit Going Concern, (4) Nilai Perusahaan, Dewan Komisaris Independen, dan Kepemilikan Manajerial berpengaruh secara simultan terhadap Opini Audit Going Concern.

Published

2022-10-17