Pengaruh Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Komisaris Independen terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

Authors

  • Anita Berlianah Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Komisaris Independen, Agresivitas Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh likuiditas, leverage, ukuran perusahaan dan komisaris independen terhadap agresivitas pajak. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 47 perusahaan dengan sampel yang dipilih sebanyak 15 perusahaan. Sampel ini diambil menggunakan Metode Purposive Sampling berdasarkan sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 60 selama 4 tahun pengamatan yang termasuk ke dalam Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2018-2021. Metode analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS Versi 25.

Hasil penelitian menunjukan bahwa likuiditas secara parsial tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, leverage secara parsial tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh terhadap agresivitas pajak, komisaris independen secara parsial berpengaruh terhadap agresivitas. Secara simultan menunjukan likuiditas, leverage, ukuran perusahaan dan komisaris independen berpengaruh terhadap agresivitas pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-18