Pengaruh Ukuran Perusahaan, Fee Audit, dan Rotasi Audit terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

Authors

  • Elsi Deriah Universitas Buddhi Dharma
  • Suhendra Suhendra Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Fee Audit, Rotasi Audit, Kualitas Audit

Abstract

Riset ini dilakukan guna untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh ukuran perusahaan, fee audit dan rotasi audit terhadap kualitas audit. Riset ini menerapkan pendekatan kuantitatif. Populasi pada riset berupa data laporan keuangan perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2018-2021.

Pemilihan metode purposive sampling dalam riset ini digunakan untuk menentukan jumlah sampel, pada riset ini terdapat sebanyak 13 perusahaan yang sesuai dengan kriteria pemilihan sampel dan selama peridoe 4 tahun pengamatan berturut-turut sehingga dalam riset ini total sampel yang digunakan ada sebanyak 52 data sampel. Teknik analisis data menerapkan uji statistik deskriptif,  uji multikolinearitas, dan analisis regresi logistik dengan menggunakan program pengolahan data yaitu SPSS versi 25.

Hasil riset secara parsial ukuran perusahaan dan fee audit berpengaruh terhadap kualitas audit, sedangkan rotasi audit tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Secara simultan ukuran perusahaan, fee audit dan rotasi audit berpengaruh terhadap kualitas audit

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10