Analisa Pengaruh Good Corporate Governance, Struktur Kepemilikan, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Capital Intensity (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2020)

Authors

  • Indra Indarto Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Good Corporate Governance (GCG), Struktur Kepemilikan, Corporate Social Responsibility, Capital Intensity

Abstract

Penelitian ini  memfokuskan pembahasan praktek keuangan tentang bagaimana pengaruh GCG, struktur kepemilikan, dan CSR terhadap Capital Intensity dapat timbul dan dianalisa. Pengaruh GCG ditentukan dari jumlah Dewan Direksi dan Komisaris, pengaruh struktur kepemilikan berasal dari kepemilikan oleh instansi keuangan non-bank terhadap saham, pengaruh CSR berdasarkan apakah perusahaan telah melakukan kegiatan CSR yang berpengaruh besar terhadap kelestarian lingkungan dan SDM sekitar perusahaan.

Teknik pengujian untuk penelitian yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda, dengan menggunakan metode data Sampling dengan analisis pada uji t dan uji F. Pengujian dilakukan pada populasi dari 51 perusahaan, yang setelah dilakukan Purposive Sampling terdapat 14 sampel perusahaan manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang beroperasi dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2017 – 2020.

Hasil akhir penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif pengaruh semua variabel uji secara simultan, terhadap Capital Intensity, yang diharap mencerminkan kegiatan operasional di dunia nyata. Hal ini menunjukkan sinergi yang dihasilkan oleh kegiatan operasional perusahaan secara bersama-sama mendukung satu sama lain, sehingga dapat memastikan kondisi yang baik untuk perusahaan berkembang dan berinvestasi untuk berbagai aset perkembangan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10