Pengaruh Komite Audit, Kualitas Audit, dan Financial Leverage terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Tahun 2019 – 2021)

Authors

  • Daniel Venesia Tanaka Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Komite Audit, Kualitas Audit, Financial Leverage , Manajemen Laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komite audit, kualitas audit dan auditor independen terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan manufaktur sektor barang dan konsumsi yang terdaftar pada BEI periode 2019 – 2021. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data Purpose Sampling. Dengan sampel yang dihasilkan , yaitu 108 perusahaan.

Hasil penelitian ini menunjukkan Bahwa (1) Hasil Komite Audit menunjukkan bahwa Komite Audit Berpengaruh terhadap Manajemen Laba; (2) Hasil Kualitas Audit menunjukkan bahwa Kualitas Audit tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba; (3) Hasil Financial Leverage ini menunjukkan bahwa Financal Leverage berpengaruh negatif terhadap Manajemen Laba dan Statistik F menunjukkan bahwa varibel independen yaitu memiliki pengaruh secara bersama sama terhadap variabel dependen.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10