Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Solvabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

Authors

  • Cynthia Evelyn Chandi Universitas Buddhi Dharma
  • Etty Herijawati Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Nilai Perusahaan

Abstract

Pemilik perusahaan perlu memastikan bahwa pemegang saham dan direktur bekerja sama untuk menjaga agar bisnis tetap tumbuh dan menghasilkan keuntungan sehingga nilai perusahaan meningkat. Dengan adanya variabel ukuran usaha, profitabilitas, dan solvabilitas, penelitian ini akan memperlihatkan seberapa pengaruh factor - faktor tersebut pada nilai perusahaan. Perusahaan di subsektor tekstil dan garmen dari tahun 2017 hingga 2021 menjadi fokus penelitian.

Pengambilan sampel dilakukan dengan metode yang disebut dengan purposive sapling, dan dipilih 11 perusahaan berdasarkan kriteria tersebut. Data berjenis sekunder digunakan dan bersumber dari situs web Bursa Efek Indonesia.

Menurut penelitian yang dilakukan, ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, solvabilitas berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Juga pada saat yang sama, seluruh variabel memberikan dampak secara simultan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10