Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Penerapan E-filing dan Kewajiban Moral Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada Warga Perumahan Duta Bandara Permai)

Authors

  • Anggita Anggita Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kesadaran Wajib Pajak, Penerapan ¬E-filing, Kewajiban, Moral, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, penerapan e-filing dan kewajiban moral terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Perumahan Duta Bandara Permai. Populasi pada penelitian ini adalah warga yang ada di Perumahan Duta Bandara Permai.

Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Insidental sampling dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 95 wajib pajak orang pribadi di Perumahan Duta Bandara Permai.  Penelitian ini menggunakan SPSS versi 25, dan analisis regresi linier berganda adalah metode analisis datanya. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh  signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, Penerapan E-filing berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, Kewajiban Moral berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan secara uji simultan (uji F) menyatakan bahwa ke tiga variabel independen tersebut berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Perumahan Duta Bandara Permai.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-10