Pengaruh Kebijakan Dividen, Komisaris Independen dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2017-2021)

Authors

  • Adhitya Asyari Universitas Buddhi Dharma
  • David Kiki Baringin MT Samosir Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kebijakan Dividen, Komisaris Independen, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi penelitian sejumlah 46 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2021. Metode pemlihan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, sehingga jumlah sampel yang didapatkan sejumlah 8 perusahaan. Data diolah menggunakan program SPSS 27 dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji anlisis regresi linier berganda dan uji hipotesis.

                Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan Kebijakan Dividen berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan memperoleh nilai signifikansi senilai 0,004 < 0,05. Komisarisn Independen tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan memperoleh nilai signifikansi senilai 0,920 > 0,05. Profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan memperoleh nilai signifikansi senilai 0,000 > 0,005. Kebijakan dividen, komisaris independen dan profitabilitas secara bersama – sama berpengaruh terhadap Nilai perusahaan dengan memperoleh nilai signifikansi senilai 0,000 < 0,05

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16