Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2021)

Authors

  • Amelia Amelia Universitas Buddhi Dharma
  • Irwan Irwan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profotabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Objek Penelitian adalah perusahaan manufaktur sektor industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu laporan keuangn perusahaan yang terdatar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2021. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis yang diolah dengan SPSS versi 25.

Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Profitabilitas berpengaruh signifikan sebesar 0.000 terhadap nilai perusahaan dan Leverage berpengaruh signifikan sebesar 0.019 terhadap nilai perusahaan, sedangkan Likuiditas memiliki nilai signifikan 0.457, dan Ukuran Perusahaan memiliki nilai signifikan 0.133 yang artinya tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dimana nilai signifikannya > 0.05. Sedangkan hasil penelitian simultan menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Ukuran Perusahaan memiliki nilai signifikan sebesar 0.000 dimana snilai signifikannya <0.05 maka secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16