Pengaruh Ukuran Perusahaan, Metode Akuntansi, Corporate Social Responsibility, Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Penghindaran Pajak( Tax Avoidance) Pada Perusahaan Sub Sektor Property Dan Real Estate Di Indonesia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2020-2022

Authors

  • Dina Rahmawati Universitas Buddhi Dharma
  • Dian Anggraeni Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Metode Akuntansi, Corporate Social Responbility, Kepemilikan Manajerial, Penghindaran Pajak

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan teruntuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, metode akuntansi, corporate social responbility,  serta juga struktur kepemilikan pada penghindaran pajak ( tax avoidance) yang ada pada perusahaan sub sektor property and real estate di negara Indonesia yang sudah teregistrasi pada Bursa Efek Indonesia 2020-2022. Struktur kepemilikan yang dipergunakan pada riset ini ialah kepemilikan manajerial.

Sampel yang dipergunakan pada riset ini terdapat sebanyak 17 perusahaan manufaktur sub sektor property and real estate yang sudah teregistrasi pada bursa efek Indonesia dengan periode tahun dari tahun 2020-2022. Metode yang dipergunakan pada pengambilan sampel ialah dengan mempergunakannya metode purposive sampling.  Riset ini mempergunakan statistik deskriptif, uji multikolinearitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji hipotesis dengan cara mempergunakan program aplikasi SPSS versi 25. Hasil daripada penelitian memperlihatkan bahwasanya ukuran perusahaan berpengaruhnya secara negatif serta signifikan pada penghindaran pajak ( tax avoidance), sedangkan metode akuntansi berpengaruh negatif signifikan terhadap penghindaran pajak ( tax avoidance), akan tetapi corporate social responbility berpengaruhnya secara positif serta signifikan pada penghindaran pajak ( tax avoidance), maupun kepemilikan manajerial berpengaruhnya secara negatif serta signifikan pada penghindaran pajak ( tax avoidance).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16