Pengaruh Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

Authors

  • Devi Theresia Universitas Buddhi Dharma
  • Salikim Salikim Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Tax Avoidance, Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan

Abstract

Tujuan utama dari penyelidikan ini adalah untuk mengumpulkan data yang akan menjelaskan bagaimana faktor-faktor seperti likuiditas, leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan mempengaruhi keputusan untuk menggunakan teknik penghindaran pajak. Sampel penelitian ini terdiri dari catatan Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021.

Penelitian ini menggunakan strategi pengambilan sampel “purposive”. IBM SPSS Statistics 29 digunakan untuk berbagai analisis statistik, termasuk regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Untuk analisis ini, 16 bisnis berbeda dijadikan sampel. Dalam penelitian kami menganalisis laporan keuangan perusahaan yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021.

Temuan penelitian ini memberikan bukti kuat bahwa (1) pengaruh likuiditas terhadap penghindaran pajak tidak dapat ditentukan, (2) leverage berkorelasi negatif dengan penghindaran pajak, (3) profitabilitas berkorelasi negatif dengan penghindaran pajak, dan (4) ukuran perusahaan berkorelasi positif dengan penghindaran pajak, dan (5) korelasi dan dampak gabungan antara penghindaran pajak dari semua variabel

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16