Analisis Cash Ratio, Capital Adequacy Ratio Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022)

Authors

  • Alexander Alexander Universitas Buddhi Dharma
  • Selfiyan Selfiyan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Cash Ratio, Capital Adequacy Ratio, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Dividen, CAR, Likuiditas

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh cash ratio, CAR dan kepemilikan manajerial terhadap kebijakan dividen. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah likuiditas yang diproksikan dengan menggunakan cash ratio yakni dengan membandingkan antara Kas dan setara kas dibagi dengan utang lancar, CAR yang diproksikan dengan debt payout ratio (DPR) serta kepemilikan manajerial yang diproksikan dengan membandingkan antara total saham manajer dengan total saham beredar.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa perusahaan sub sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022, dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang didapat sesuai dengan kriteria adalah sebanyak 55 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang dibantu dengan program SPSS versi 25.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada uji parsial, cash ratio berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, CAR berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen dengan tingkat signifikansi 0,168. Sedangkan pada uji simultan, cash ratio, CAR dan kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16