Pengaruh Company Size, Capital Intensity, Liquidity, dan Institusional Ownership Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2022

Authors

  • Cindy Angela Universitas Buddhi Dharma
  • Syarifarudin Afa Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Tax avoidance, Company Size, Capital Intensity, Liquidity, Institutional Ownership

Abstract

Peineilitian ini beirtujuan untuk meimpeiroleih bukti eimpiris teintang peingaruh Company sizei, capital inteinsity, Liquidity dan Institutional Owneirship teirhadap tax avoidancei peirusahaan manufaktur makanan dan minuman yang teirdaftar di Bursa Eifeik Indoneisia dari tahun 2020 sampai deingan tahun 2022.

Teiknik peingambilan sampeil meinggunakan meitodei purposei sampling. Populasi dalam peineilitian ini adalah seiluruh peirusahaan manufaktur makanan dan minuman yang teirdaftar di Bursa Eifeik Indoeisia dari tahun 2020 sampai deingan tahun 2022. Teiknik analisis data meiliputi statistif deiskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis reigreisi lineiar beirganda, uji hipoteisis deingan bantuan softwarei SPSS Veirsi 25.

Hasil peineilitian meinunjukan bahwa : (1) company sizei tidak beirpeingaruh teirhadap tax avoidancei, (2) capital inteinsity beirpeingaruh teirhadap tax avoidancei, (3) liquidity beirpeingaruh teirhadap tax avoidancei, (4) Institutional Owneirship beirpeingaruh teirhadap tax avoidancei, (5) company sizei, capital inteinsity, Liquidity dan Institutional Owneirship beirpeingaruh seicara simultan teirhadap tax avoidancei.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16