Pengaruh Tax Avoidance, Profitabilitas, Likuiditas, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022)

Authors

  • Yogi Yohanto Universitas Buddhi Dharma
  • Jenni Jenni Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Tax Avoidance, Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Modal, Nilai perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh Tax Avoidance, Profitabilitas, Likuiditas, dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2019-2022.

Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 15 perusahaan selama periode 4 tahun pengamatan sehingga total sampel sebanyak 60. Data penelitian dianalisa dengan menggunakan metode analisis regresi liniear berganda untuk menentukan metode penelitian dengan aplikasi SPSS versi 25.

Hasil dari penelitian yang telah diolah menunjukan bahwa nilai signifikan tax avoidance yang diproksikan menggunakan CETR yaitu 0,88, nilai signifikan profitabilitas yang diproksikan menggunakan NPM yaitu 0,719, nilai signifikan likuiditas yang diproksikan menggunakan CR yaitu 0,005, dan nilai signifikan struktur modal yang diproksikan menggunakan DER yaitu 0,015.

Dan dari hasil penelitian menunjukan bahwa tax avoidance dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan likuiditas dan struktur modal berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16