Pengaruh Net Financing, Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021)

Authors

  • Antika Yosika Universitas Buddhi Dharma
  • Aldi Samara Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Net Financing, Likuiditas, Profitabilitas, Penghindaran Pajak

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh net financing, likuiditas, profitabilitas terhadap penghindaran pajak. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah penghindaran pajak (tax avoidance) sedangkan net financing, likuiditas dan profitabilitas merupakan variabel independen dalam penelitian ini.

Pengukuran variabel dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, net financing akan diukur dengan menggunakan net equity yang dikurangi dengan net debt kemudian hasil dari pengurangan tersebut dibagi dengan total aset tahun sebelumnya. Likuiditas akan diukur dengan current ratio (total aset lancar dibagi dengan total utang lancar), kemudian profitabilitas akan diukur dengan ROA (return on asset),dan penghindaran pajak akan diukur dengan ETR (effective tax rate).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 56 selama 4 tahun dari 14 perusahaan. Untuk melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan data sekunder yang diambil dari laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Program yang digunakan dalam penelitian ini adalah Program SPSS V25.

                Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa secara parsial net financing tidak memiliki pengaruh terhadap penghindaran pajak, kemudian likuiditas tidak memiliki pengaruh terhadap penghindaran pajak, profitabilitas memiliki pengaruh terhadap penghindaran pajak, sedangkan berdasarkan uji secara simultan net financing, likuiditas dan profitabilitas memiliki pengaruh terhadap penghindaran pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16