Pengaruh Debt to Equity Ratio, Rentabilitas, Struktur Aktiva, Financial Distress dan Tax Planning Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ45 Saham Indeks Tahun 2020-2022

Authors

  • Tevci Wijaya Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Debt to Equity Ratio, Rentabilitas, Struktur Aktiva, Financial Distress, Tax Planing, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh debt to equity ratio, rentabilitas, struktur aktiva, financial distress dan tax planning terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini mengambil sampel 13 perusahaan selama periode 2020-2022 dengan menggunakan metode purposive sampling dan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang tersumber dari laporan keuangan perusahaan.

Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang diolah menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Setelah dilakukan pengujian diketahui berdasarkan hasil uji simultan bahwa debt to equity ratio, rentabilitas, struktur aktiva, financial distress dan tax planning berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Dan berdasarkan uji parsial diketahui bahwa debt to equity ratio berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan rentabilitas, struktur aktiva, financial distress dan tax planning tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16