Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Tarif Pajak, Insentif Pajak, dan Tarif Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Tangerang)

Authors

  • Stefanus Michael Lie Universitas Buddhi Dharma
  • Rini Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kesadaran Wajib Pajak, Tarif Pajak, Insentif Pajak, Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Wajib Pajak Kendaraan Bermotor

Abstract

Sejauh mana pengaruh pengetahuan wajib pajak, tarif pajak,insentif pajak, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak pengendara kendaraan bermotor menjadi fokus penelitian ini. Dalam investigasi ini, kami membidik wajib pajak pemilik kendaraan yang berada di atau berbasis di kota Tangerang.

Selain itu, 1.228.280 pemilik kendaraan di Kota Tangerang termasuk dalam sampel. Dalampenelitian ini, dikumpulkan 103 tanggapan dengan menggunakan Teknik Non-probability sampling dengan metode purposive sampling yang memilih berdasar pertimbangan atas karakteristik yang dikehendaki. Studi ini juga menggunakan metode kuantitatif dan mengandalkan data primer yang diperoleh dari survei langsung dan jajak pendapat online.

Dalam peneltian ini, kami menemukan bahwa kesadaran wajib pajak berkorelasi signifikan dengan kepatuhan . Nilai signifikansi antara tarif pajak dan kepatuhan wajib pajak adalah 0,000 0,05. Ditemukan bahwa insentif pajak bepengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, pada tingkat signifikansi 0,011 0,05. Dengan tingkat signifikansi 0,001 0,05 dapat ditemukan korelasi antara sanksi perpajakan dengan kepatuhan wajib pajak. Terdapat tingkat signifikansi 0,000 0,05 untuk interaksi antara edukasi wajib pajak, tarif pajak, insentif pajak, dan sanksi dan kepatuhan perpajakan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16