Pengaruh Return On Asset, Corporate Social Responsibility, Tax Planning dan Sales Growth Terhadap Earnings Management (studi empiris pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2018-2021)

Authors

  • Vicella Lauwrenza Universitas Buddhi Dharma
  • Metta Susanti Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Return On Aset, Corporate Social Responsibility, Tax Planning, Sales Growth, Earnings Management

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengisolasi dan menguji faktor-faktor yang memiliki dampak terbesar terhadap manajemen laba, seperti return on assets, CSR, strategi perpajakan, dan ekspansi penjualan. Informasi sekunder dari laporan keuangan tahun 2018-2021 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia digunakan untuk penelitian ini.

Purposive sampling, yaitu pendekatan pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu, digunakan untuk memilih sampel sebanyak 60 data dari populasi 15 usaha. Analisis yang digunakan di sini bersifat inferensial.

Kecuali tanggung jawab sosial perusahaan dan perencanaan pajak yang tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap manajemen laba, seluruh faktor independen mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap manajemen laba seperti yang ditunjukkan oleh hasil penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16