Pengaruh Debt Covenant, Financial Distress Dan Investment Opportunity Set Terhadap Konservatisme Akuntansi Pada Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Industri Sub Sektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 – 2022)

Authors

  • Celline Martha Universitas Buddhi Dharma
  • Ari Nuratriningrum Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Debt Covenant, Financial Distress, Investment Opportunity Set, Konservatisme Akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh dari debt covenant, financial distress dan investment opportunity set terhadap konservatisme akuntansi. Populasi yang peneliti gunakan sebanyak 59 perusahaan industry sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan sampel sebanyak 10 perusahaan selama 2018 – 2022.

Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam menentukan jumlah sampel penelitian. Dalam penelitian ini, konservatisme diukur menggunakan pendekatan ekuitas, debt covenant diukur menggunakan debt to equity ratio (DER), financial distress diukur menggunakan metode Altman Z Score (Z-Score), investment opportunity set diukur menggunakan pendekatan ekuitas. Dalam penelitian ini menggunakan periode pengamatan yaitu 5 (lima) tahun. Teknis analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linier berganda dengan program yang digunakan yaitu SPSS Versi 29.

Hasil yang disimpulkan dari penelitian ini bahwa financial distress memiliki pengaruh terhadap konservatisme akuntansi, sedangkan debt covenant dan investment opportunity set tidak memiliki pengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Secara simultan, debt covenant, financial distress dan investment opportunity set berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16