Pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Modal, Keputusan Investasi, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022)

Authors

  • Henry Jie Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kebijakan Dividen, Struktur Modal, Keputusan Investasi, Kepemilikan Institusional

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Modal, Keputusan Investasi dan Kepemilikan Institusional terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2018-2022).

Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi penelitian ini adalah perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria yang ditetapkan, diperoleh jumlah sampel sebanyak 14 perusahaan selama 5 tahun menggunakan software SPSS 25 dan Microsoft Excel dengan uji statistik deskriptif, uji t, uji f dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil analisis ini menunjukkan bahwa variabel kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel keputusan investasi berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan hasil dari uji simultan (uji f) menyatakan bahwa kebijakan dividen, struktur modal, keputusan investasi, dan kepemilikan institusional

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16