Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, dan Manajemen Laba terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021)

Authors

  • Junnifer Twinfirst Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Likuiditas, Profitabilitas, Manajemen Laba, Tax Avoidance

Abstract

Tax Avoidance adalah dimana perusahaan memperkecil pembayaran pajak agar mendapatkan keuntungan yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, profitabilitas dan manajemen laba terhadap tax avoidance. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di bursa efek indonesia 2017-2021.

            Penelitian ini menggunakan data sekunder dan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 13 perusahaan selama periode 5 tahun yang memenuhi kriteria.. Metode analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 25 dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, uji analisis regresi linear berganda, uji f dan uji t.

                Hasil analisis yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa variabel likuiditas dan profitabilitas berpengaruh terhadap tax avoidance, sedangkan manajemen laba tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Melalui uji signifikan simultan (uji f) menunjukkan bahwa hasil variabel independen likuiditas, profitabilitas dan manajemen laba berpengaruh signifikan secara simultan terhadap tax avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16