Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal (Studi Empiris pada perusahaan Industri Sub Sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2021)

Authors

  • Fernanda Octaviana Sukardi Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Modal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah struktur modal, sedangkan variabel independennya adalah leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan pertumbuhan penjualan.

Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 perusahaan industri sub sektor property dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2018-2021. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan sebanyak 25 perusahaan yang dijadikan sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan perangkat lunak SPSS versi 25.

Berdasarkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan pertumbuhan penjualan secara simultan berpengaruh positif terhadap struktur modal.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16