Pengaruh Pajak Tangguhan, Likuiditas, Intensitas Modal dan Intensitas Persediaan terhadap Agresivitas Pajak Pajak (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2019-2022)

Authors

  • Shenny Prolita Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Pajak Tangguhan, Likuiditas, Intensitas Modal, Intensitas Persediaan, Agresivitas Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pajak tangguhan, likuiditas, intensitas modal dan intensitas persediaan terhadap agresivitas pajak.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini yaitu pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2022 dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang didapat sesuai dengan kriteria adalah sebanyak 14 perusahaan dan jumlah sampel 56. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui situs www.idx.co.id dan www.idnfinancial.co.id. Pengujian hipotesis menggunakan analisis linear berganda dengan bantuan software SPSS 25.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak. Sedangkan pajak tangguhan, intensitas modal dan intensitas persediaan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16