Pengaruh Sales Growth, Profitabilitas, Capital Intensity dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2019-2022

Authors

  • Hansel Christian Darsono Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Sales Growth, Profitabilitas, Capital Intensity, Ukuran Perusahaan, Penghindaran Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh pertumbuhan penjuaIan, profitabiIitas, intensitas modal dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak. PopuIasi daIam peneIitian ini berjumIah 27 perusahaan dengan sampeI yang dipiIih sebanyak 13 perusahaan. SampeI ini diambiI menggunakan Metode Purposive SampIing berdasarkan sampeI yang memenuhi kriteria sebanyak 52 seIama 4 tahun pengamatan yang termasuk ke daIam Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia seIama tahun 2019-2022. Metode anaIisis data yang digunakan adaIah uji deskriptif, uji asumsi kIasik, uji regresi Iinier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS Versi 29.

Hasil peneIitian menunjukan bahwa sales growth secara parsiaI memiIiki pengaruh terhadap penghindaran pajak, profitabiIitas secara parsiaI tidak memiIiki pengaruh terhadap penghindaran pajak, capitaI intensity secara parsiaI tidak memiIiki pengaruh terhadap penghindaran pajak, ukuran perusahaan secara parsiaI memiIiki pengaruh terhadap penghindaran pajak,. Secara simuItan menunjukan terdapat pengaruh antara saIes growth, profitabiIitas, capitaI intensity, dan ukuran perusahaan terhadap penghindaran pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16