Pengaruh Audit Tenure, Audit Delay dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kualitas Audit Pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022

Authors

  • Davina Nathania Kameyer Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Audit Tenure, Audit Delay, Ukuran Perusahaan, Kualitas Audit

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh audit tenure, audit delay dan ukuran perusahaan terhadap kualitas audit pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022.

Dalam penelitian ini menggunakan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022 sebagai populasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang terdapat dalam penelitian adalah 21 perusahaan makanan dan minuman dengan total 105 sampel selama 5 tahun. Data penelitian diuji dengan software SPSS versi 25 dengan uji statistik deskriptif, uji regresi logistik dan uji hipotesis.

Kesimpulan dari hasil analisis yang dilakukan adalah:1) Audit tenure tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. 2) Audit delay berpengaruh negatif terhadap kualitas audit. 3) Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap kualitas audit. 4) Audit tenure, audit delay dan ukuran perusahaan berpengaruh secara bersama-sama terhadap kualitas audit.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16