Pengaruh Audit Tenure, Kualitas Audit dan Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Delay (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022)

Authors

  • Kenny Kurniawan Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

ALudit Tenure, Kuallitals Audit, Ukuran Perusahaan, Audit Delay

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Audit Delay dengan variabel independen yaitu Audit Tenure, Kualitas Audit dan Ukuran Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor food & beverage yang terdaftar pada BEI periode 2018 – 2022. Penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling dengan sumber data sekunder. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Semua teknik ini dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Audit Tenure, Kualitas Audit dan Ukuran Perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap Audit Delay dengan nilai signifikan sebesar 0.00 < 0.05, sedangkan secara parsial menunjukan bahwa diantara ketiga variabel independen hanya terdapat dua variabel yang berpengaruh terhadap audit delay. Variabel Audit Tenure berpengaruh signifikan dengan nilai 0.037 < 0.05 dan Kualitas Audit berpengaruh negatif signifikan dengan nilai sebesar 0.00 < 0.05 terhadap audit delay. Sedangkan variabel Ukuran Perusahaan dengan nilai signifikan sebesar 0.557 > 0.05, sehinggal menunjukaln balhwal valrialbel Ukuraln Perusalhalaln tidalk berpengalruh signifikaln terhaldalp ALudit Delaly.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16