Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Pemilik UMKM Untuk Membayar Pajak Di Pasar Modern Paramount Serpong

Authors

  • Elin Elin Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Kesadaran Pajak, Pemahaman Peraturan Pajak, Sanksi Pajak, Insentif Pajak, Kepatuhan Membayar Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesadaran pajak, pemahaman peraturan pajak, sanksi pajak dan insentif pajak terhadap kepatuhan membayar pajak pemilik UMKM di Pasar Modern Paramount Serpong. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yaitu dengan menyebar kuesioner yang berjumlah 100 responden pemilik UMKM di Pasar Modern Paramount Serpong. Pengujian hipotesis menggunakan analisis model statistik yang terdiri dari uji validitas, uji realibilitas, regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), uji T, dan uji F.

            Hasil dari pengolahan data menggunakan SPSS 25.0 diperoleh persamaan linier  yang artinya pada saat variabel X1 (Kesadaran Pajak), X2 (Pemahaman Peraturan Pajak), X3 (Sanksi Pajak) dan X4 (Insentif Pajak) terjadi peningkatan atau penurunan sebesar 1 poin, maka variable Y (Kepatuhan Membayar Pajak) akan mengalami peningkatan atau penurunan sebesar 0,164, 0,212, 0,287 dan 0,177.

Berdasarkan hasil uji hipotesis didapat nilai F signifikansi 0,00 < 0,05. Dengan demikian variabel kesadaran pajak, pemahaman peraturan pajak, sanksi pajak dan insentif pajak memiliki pengaruh positif serta signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak pemilik UMKM di Pasar Modern Paramount Serpong.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16