Pengaruh Beban Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, dan Leverage terhadap Keputusan Penerapan Transfer Pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2022)
Keywords:
Beban Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Leverage, Transfer PricingAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk eksplorasi pengaruh faktor-faktor seperti beban pajak, mekanisme bonus, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap keputusan terkait penggunaan transfer pricing di perusahaan-perusahaan manufaktur yang bergerak di subsektor makanan dan minuman, yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari laporan keuangan tahunan perusahaan selama periode 2017 hingga 2022. Dari populasi sebanyak 47 perusahaan, sebanyak 10 perusahaan dipilih sebagai sampel dengan menggunakan Metode Purposive Sampling, yang memenuhi kriteria penelitian selama 6 tahun pengamatan. Hasil analisis menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan perangkat lunak SPSS Versi 25 menunjukkan bahwa secara individu, beban pajak dan mekanisme bonus tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan terkait penggunaan transfer pricing. Sementara itu, ukuran perusahaan dan leverage telah terbukti memiliki pengaruh yang berarti pada keputusan tersebut. Ketika dianalisis secara bersamaan, faktor-faktor ini secara bersama-sama memengaruhi keputusan penggunaan transfer pricing.