Pengaruh Profitability, Liquidity, Leverage, Dan Net Profit Margin Terhadap Corporate Value Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 - 2022
Keywords:
Corporate Value, Profitability, Liquidity, Leverage, Net Profit Margin (NPM)Abstract
Secara empiris karya tulis ini akan menguji pengaruh Profitability, Liquidity, Leverage, dan Net Profit Margin terhadap Corporate Values. Profitability diukur menggunakan (ROA), Liquidity diukur menggunakan (CR), Leverage diukur menggunakan (DER), Net Profit Margin diukur dengan rumus dalam (NPM), dan Corporate Values menggunakan Price to Book Value.
Populasi yang digunakan yaitu perusahaan beroperasional dalam makanan dan minuman yang berada diBursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018 – 2022, Teknik yang digunakan Purposive Sampling terdiri dari 15 perusahaan diajukan sebagai sampel dalam penelitian. Data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan yang didapat dari website BEI dan website perusahaan. Pembuktian hipotesis menggunakan software SPSS V . 25 .
Hasil yang terima atas penetilian ini : (1) Profitability berpengaruh positif signifikan terhadap Corporate Values, (2) Liquidity bepengaruh negative terhadap Corporate Values, (3) Leverage tidak bepengaru terhadap Corporate Values, (4) Net Profit Margin tidak bepengaruh terhadap Corporate Values, (5) Profitability, Liquidity, Leverage, dan Net Profit Margin berpengaruh secara simultan terhadap Corporate Values