Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas Dan Opini Audit Terhadap Audit Delay (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2018-2021)

Authors

  • Nanda Saliputra Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Opini Audit, Audit Delay

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas dan opini audit terhadap Audit Delay. Variabel independen yang digunakan adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas dan opini audit. Sedangkan variabel dependen yang digunakan adalah Audit Delay yang diukur dari tanggal penutupan buku dikurang tanggal pelaporan audit.

            Populasi dalam penelitian ini berjumlah 47 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018- 2021. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 16 perusahaan makanan dan minuman berdasarkan kriteria tertentu.

            Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa: (1) Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay, (2) Profitabilitas berpengaruh terhadap Audit Delay, (3) Solvabilitas berpengaruh terhadap Audit Delay, (4) Opini audit tidak berpengaruh terhadap Audit Delay, (5) Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, dan Opini audit secara  bersama-sama berpengaruh terhadap Audit Delay

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16