Pengaruh Capital Intensity, Inventory Intensity, Return On Assets (ROA) terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Perusahaan Tambang yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2021)

Authors

  • Desy Kusumastuti Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Capital Intensity, Inventory Intensity, Return On Aset, Tax Avoidance

Abstract

Pelnellitian ini belrtuljulan ulntulk melmbulktikan selcara elmpiris Pelngarulh Capital Intelnsity, Invelntory Intelnsity, Reltulrn On Asselts  telrhadap Tax Avoidancel. Objelk dalam pelnellitian ini adalah Pelrulsahaan selktor Tambang yang telrdaftar di Bulrsa Elfelk Indonelsia pelriodel tahuln 2018-2021. Jelnis pelnellitian ini adalah pelnellitian kulantitatif. Popullasi dalam pelnellitian ini selbanyak 28 pelrulsahaan selktor tambang yang telrdaftar di Bulrsa Elfelk Indonelsia tahuln 2018-2021.

Meltodel pelngambilan sampell yang digulnakan dalam pelnellitian ini adalah pulrposivel sampling. Seltellah pelngulrangan delngan belbelrapa kritelria telrpilih selbanyak 15  pelrulsahaan sampell selhingga melmpelrolelh 60 laporan kelulangan selbagai bahan obselrvasi. Sulmbelr data pelnellitian ini adalah data selkulndelr yang diulndulh www.idx.co.id ulntulk melmpelrolelh data belrulpa laporan kelulangan  pelrulsahaan yang digulnakan selbagai sampell pelnellitian ini. Meltodel analisis  data yang digulnakan dalam pelnellitian ini adalah ulji delskriptif, ulji asulmsi klasik, relgrelsi linelar belrganda, ulji hipotelsis delngan melnggulnakan program SPSS velrsi 25.

Hasil pelnellitian  melnulnjulkkan  bahwa variabell Capital Intelnsity selcara parsial belrpelngarulh telrhadap Tax Avoidancel, Invelntory Intelnsity selcara parsial belrpelngarulh telrhadap Tax Avoidancel, Reltulrn On Asselts (ROA) selcara parsial tidak belrpelngarulh nelgatif telrhadap Tax Avoidancel. Selcara simulltan Capital Intelnsity, Invelntory Intelnsity, Reltulrn On Asselts (ROA) belrpelngarulh telrhadap Tax Avoidancel pada pelrulsahaan selktor tambang yang telrdaftar di Bulrsa Elfelk Indonelsia (BElI) pada tahuln 2018-2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-16