Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Tax Avoidance (Studi pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indoneisa Tahun 2018-2022)
Keywords:
Corporate Social Responbility, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Tax AvoidanceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap praktik penghindaran pajak. Sampel penelitian terdiri dari perusahaan-perusahaan di sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2018-2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder. Dalam pengambilan sampel, teknik purposive sampling digunakan dengan 16 perusahaan sebagai sampel dan periode pengamatan selama 5 tahun, sehingga totalnya ada 80 sampel. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS Versi 29, melibatkan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji f, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya corporate social responsibility dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tax avoidance dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Uji simultan (uji F) menunjukan bahwa corporate social responsibility, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance