Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

Authors

  • Lioni Lioni Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Struktur Modal, Profitabilitas, Likuiditas, Nilai Perusahaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Struktur Modal (DER), Profitabilitas (ROA) dan Likuiditas (CR) terhadap Nilai Perusahaan (PBV) pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021.

Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah populasi sebanyak 47, dan jumlah sampel sebanyak 8 perusahaan dengan periode pengamatan selama 5 tahun sehingga total sampel sebanyak 40. Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS Versi 25.

            Berdasarkan temuan penelitian ini, bahwa profitabilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. sementara itu, struktur modal dan likuiditas secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dan struktur modal, profitabilitas dan likuiditas secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-16