Pengaruh Ukuran Perusahaan, Audit Tenure, Reputasi KAP dan Leverage terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

Authors

  • Cindy Claudia Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Audit Tenure, Reputasi KAP, Leverage, Kualitas Audit

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana pengaruh ukuran perusahaan, audit tenure, reputasi KAP dan leverage terhadap kualitas audit. Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Laporan keuangan dari perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021 menjadi populasi dalampenelitian ini.

Metode pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling yang bertujuan untuk menentukan jumlah sampel berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, penelitian ini mencakup sebanyak 23 perusahaan yang sesuai dengan kriteria pemilihan sampel selama periode penelitian yang ditetapkan yaitu 4 tahun  berturut-turut sehingga total sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 92 data. Uji statistik deskriptif, uji multikolinearitas, dan analisis regresi logistik dipilih sebagai teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dan dengan SPSS versi 25 sebagai program pengolahan datanya.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran perusahaan, reputasi KAP, dan leverage berpengaruh secara parsial terhadap kualitas audit, sedangkan audit tenure tidak berpengaruh secara parsial terhadap kualitas audit, dan secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh terhadap kualitas audit.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16