Pengaruh Solvabilitas, Umur Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Report Lag (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Sekor Basic Material Listed Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)

Authors

  • Shebyl Rissa Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Solvabilitas, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Audit Report Lag

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh solvabilitas, umur perusahaan, dan ukuran perusahaan terhadap audit report lag dengan melakukan studi empiris terhadap perusahaan sektor basic materials pada periode keuangan 2019-2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggukana data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah setiap perusahaan sektor basic materials yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan telah dikerucutkan menggunakan metode purposive sampling menjadi 53 perusahaan.

Data penelitian akan diolah melalui analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji autokorelasi, uji heteroskedestisitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, uji t dan juga uji f.

Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap audit report lag, umur perusahaan tidak berpengaruh terahadap audit report lag, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap audit report lag. Secara simultan solvabilitas, umur perusahaan, dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap audit report lag

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-16