PENGARUH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS DAN Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris Perusahaan Lq45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)
Keywords:
Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Transfer PricingAbstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh bukti empiris Tunneling Incentive (TUN), Mekanisme Bonus (ITRENDLB), Ukuran Perusahaan (LOGN ASET) Terhadap Transfer Pricing (RPT). Variabel independen yang digunakan adalah Tunneling Incentive (TUN), Mekanisme Bonus (ITRENDLB), Ukuran Perusahaan (LOGN ASET). Variabel dependen yang digunakan adalah Transfer Pricing (RPT). Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, total sampel yang didapatkan 36 sampel. Data yang dipakai menggunakan data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda menggunakan program SPSS Versi 25. Berdasarkan temuan penelitian ini, terlihat bahwa Tunneling Incentive berpengaruh terhadap Transfer Pricing. Sementara itu, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Transfer Pricing. Dan Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap Transfer Pricing