Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Laba (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2019-2021)

Authors

  • Bryan Januar Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Leverage, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Manajemen Laba

Abstract

Laporan keuangan sangat penting bagi manajemen untuk menentukan efektivitas perusahaan dalam mencapai tujuan . Informasi yang tersaji dalam laporan keuangan digunakan untuk menilai kinerja manajemen dalam mengelola dana perusahaan. Laporan keuangan yang berkulitas akan mengurangi masalah ketidakwajaran dalam laporan keuangan. Namun, seringkali manajemen perusahaan termotivasi untuk memaksimal keuntungan  sender seperti melakukan manajemen laba.

Jenis penelitian ini adalah studi empiris. Penelitian dilakukan pada 94 perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2021. Teknik sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling yang didapat sejumlah 94 perusahaan selama masa pengamatan empat tahun berturut-turut, untuk menguji hipotesis menggunakan software SPSS versi 26 digunakan dalam penelitian ini melalui uji t dan uji f. Pengumpulan data sekunder dilakukan dengan mengambil data dari laporan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang dapat diakses pada www.idx.com atau www.idn.com.

Berdasarkan hasil uji secara parsial didapat bahwa Leverage, Umur perusahaan, Ukuran perusahaan dan Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-16