Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Laba ( Studi Empris Pada Perusahaan Sub-Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia )

Authors

  • Shanty Tanuraharja Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Gross Profit Margin, Net Profit Margin (NPM), Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Laba

Abstract

Kinerja keuangan adalah variabel terikat dalam penelitian ini, dan variabel bebasnya adalah pengaruh Return On Assets, Return On Equity, Gross Profit Margin, ukuran perusahaan, dan Net Profit Margin sebagai variabel moderasi terhadap pertumbuhan laba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran ROA, ROE, GPM, dan ukuran perusahaan dalam mendorong kinerja keuangan. Sembilan dari empat puluh tujuh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan dipertimbangkan di sini untuk periode antara 2018 dan 2022 dilibatkan dalam penelitian ini. Metode kuantitatif digunakan untuk mencatat data kelompok. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis rasio dan uji statistik non parametrik. Data diinterpretasikan menggunakan analisis regresi berganda, standar utama analisis statistik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap laba dan pertumbuhan laba, sedangkan ROA, ROE, GPM, dan NPM berpengaruh negatif terhadap kedua metrik tersebut. Oleh karena itu, jelas bahwa tingkat pertumbuhan laba yang lebih tinggi tidak secara otomatis dikaitkan dengan tingkat hasil investasi, margin laba kotor, atau margin laba bersih yang lebih tinggi. Di sisi lain, tingkat pertumbuhan laba yang lebih cepat dikaitkan dengan skala operasi yang lebih besar. Hal ini ditemukan melalui pengujian simultan terhadap variabel X1, X2, dan X3

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-27