Pengaruh Firm Size, Leverage, Profitability Terhadap Transfer Pricing pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2022
Keywords:
Firm Size, Leverage, Profitability, Transfer PricingAbstract
Transfer pricing adalah biaya pengalihan produk atau layanan dengan nama dan format apa pun antar bisnis yang memiliki koneksi unik, baik lokal maupun internasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menunjukkan melalui eksperimen bagaimana transfer pricing dipengaruhi oleh ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas. Populasi penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan pada sektor konsumen non-siklus yang terdaftar antara tahun 2019 hingga 2022 di Bursa Efek Indonesia. Cara pengumpulan sampel disebut dengan purposive sampling. 20 dari 113 perusahaan menggunakan kriteria saat ini sebagai dasar sampel penelitian. 80 perusahaan dipilih selama periode empat tahun dari sampel 20 perusahaan. Data penelitian dianalisis menggunakan SPSS versi 25 dan uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transfer pricing tidak dipengaruhi oleh profitabilitas, melainkan oleh faktor-faktor seperti ukuran perusahaan dan leverage. Selain itu, ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas semuanya berdampak pada transfer pricing.