Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Capital Intensity, dan Sales Growth Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2022)
Keywords:
Profitabilitas, Leverage, Capital Intensity, Sales Growth, Tax AvoidanceAbstract
Tax Avoidance adalah suatu praktik yang sifatnya legal dan umum di lakukan oleh wajib pajak dengan tujuan untuk meringankan, memperkecil dan mengurangi beban pajak yang terutang dengan memanfaatkan celah yang ada tetapi tidak melanggar peraturan perpajakan yang berlaku, walaupun hal tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi suatu negara karena dapat mengakibatkan pada penerimaan pendapatan negara yang berasal dari pajak menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Leverage, Capital Intensity, dan Sales Growth terhadap Tax Avoidance pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling diperoleh populasi 23 perusahaan dengan periode penelitian 4 tahun sehingga diperoleh jumlah data sebanyak 92 data sampel dan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang pengolahan datanya menggunakan aplikasi Software Statistical Package for Sosial Scienses (SPSS) Versi 25. Hasil pengujian yang diperoleh dari penelitian ini menyimpulkan bahwa : Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance, Leverage berpengaruh terhadap Tax Avoidance, Capital Intensity tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance, Sales Growth tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance, Dan secara bersama sama Profitabilitas, Leverage, Capital Intensity dan Sales Growth berpengaruh simultan terhadap Tax Avoidance.