Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus dan Ukuran Perusahaan terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022)

Authors

  • Elvina Mulia Yolanda Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Transfer Pricing

Abstract

Penelitian yang dilakukan menganalisis pengaruh pajak, Tunneling Incentive, mekanisme bonus, dan ukuran perusahaan terhadap implementasi praktik Transfer Pricing. Objek studi ini adalah perusahaan-perusahaan yang beroperasi di sektor industri dasar dan kimia serta terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019 hingga 2022. Penelitian ini menganalisis praktik Transfer Pricing yang diterapkan oleh beberapa perusahaan sebagai taktik untuk menurunkan kewajiban pajak dengan memindahkan keuntungan ke entitas yang terafiliasi. Dalam penelitian ini, data sekunder yang digunakan meliputi laporan keuangan dan laporan tahunan yang diterbitkan pada situs web resmi Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel sebanyak 10 perusahaan dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Analisis dalam studi ini dijalankan dengan memanfaatkan perangkat lunak SPSS Versi 26 dan metode regresi linear. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa Pajak tidak memberikan efek signifikan terhadap Transfer Pricing, sementara Tunneling Incentive berdampak negatif, Mekanisme Bonus tidak menunjukkan pengaruh, dan Ukuran Perusahaan secara signifikan mendukung praktik Transfer Pricing. Kesimpulannya, faktor-faktor seperti Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, dan Ukuran Perusahaan ketika dipertimbangkan bersama, memiliki pengaruh terhadap penerapan Transfer Pricing.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29