Pengaruh Profitability, Capital Intensity, Leverage dan Sales Growth Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2020-2022

Authors

  • Bima Tjahyadi Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Profitability, Capital Intensity, Leverage, Sales Growth, Tax Avoidance

Abstract

Di Indonesia, perpajakan merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar dalam sektor perekonomian. Penerapan sistem perpajakan self-assessment memungkinkan wajib pajak untuk melakukan strategi penghindaran pajak untuk memitigasi beban pajaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitability, capital intensity, leverage dan sales growth terhadap tax avoidance pada perusahaan consumer non-cyclicals. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2020-2022 dengan jumlah sampel sebanyak 87 melalui teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dimana pengelolahan data dilakukan dengan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial, capital intensity dan leverage berpengaruh terhadap tax avoidance, sedangkan profitability dan sales growth tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Secara simultan, profitability, capital intensity, leverage dan sales growth berpengaruh terhadap tax avoidance.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29