PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2022)

Authors

  • Berlin Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dewan Komisaris, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membukitkan secara empiris pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, profitabiltas dan dewan komisaris. Pada perusahaan sektor property dan real estate di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2019-2022. Beberapa penelitian sebelumnya mengenai kinerja keuangan perusahaan memperlihatkan hasil yang berbeda – beda. Oleh karena itu, penelitian lain perlu dilakukan menguji ulang teori tentang kinerja keuangan. Populasi dari penelitian ini berjumlah 52 perusahaan dari perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2019-2022, yang menghasilkan 48 sampel perusahaan setelah dilakukan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Proses analisis data yang dilakukan terlebih dahulu adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik. Analisis regresi berganda lalu kemudian pengujian hipotesis serta menggunakan aplikasi program SPSS 25. Hasil penelitian ini adalah bahwa pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikansi 0.153. ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan dengan tingkat signifikan 0.035, profitabiltias berpengaruh positif signifikan dengan tingkat signifikan 0.046 dan dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikansi 0.425.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-29