Pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada perusahaan Industri Sub Sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2020–2023)

Authors

  • Misael Yeldi Sulaiman Universitas Buddhi Dharma
  • Farid Addy Sumantri Universitas Buddhi Dharma

Keywords:

Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan, sedangkan variabel independennya adalah leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 16 perusahaan industri sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2023. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga didapatkan sebanyak 13 perusahaan atau 52 sampel. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan perangkat lunak SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa leverage secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-26