Aktivitas Sampling Untuk Penjualan dan Meminimalkan Biaya Promosi PT. SAMA SAMO MEKAR
Keywords:
Sampling Barang, Produk tersamplingkan, Pengelolaan Sampling, Biaya Promosi, SampelAbstract
PT. SAMA SAMO MEKAR adalah Perusahaan yang bergerak dibidang Jamu dan Farmasi. Perusahaan ini beralamat di Jl. Sinar Hati No 88 Pergudangan Sido Muncul. Dalam pelaksanaan kerja magang penulis melakukan tugas menginput data sampling, mengajukan surat pengajuan sampling, kemudian membantu proses sampling dan memberikan bukti sampling kepada atasan. Produk yang disamplingkan berupa : Tolak Angin Cair, Tolak Linu Cair, Stmj dsb. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak strategi sampling terhadap efektivitas peningkatan penjualan dan meminimalkan biaya promosi. Metode pemasaran yang memberikan sampel produk secara gratis kepada konsumen untuk meningkatkan kesadaran dan minat pembelian. Adanya dampak positif antara penawaran sampel produk dengan peningkatan penjualan. Konsumen yang menerima sampel suatu produk cenderung lebih besar kemungkinannya untuk melakukan pembelian dibandingkan konsumen yang tidak menerima sampel. Kendala yang ditemukan adalah ketidakinginan proses dokumentasi dalam sampling, karena khawatir akan salah digunakan. Solusinya: tetap memberikan bukti namun tidak diperlihatkan muka konsumen tersebut. Selain itu proses dalam pemilahan produk sampling, jika tidak diperhatikan akan menyebabkan tercampurnya produk yang sudah expired (sudah kadaluarsa) Solusi yang kedua adalah : Lebih diperhatikan dalam proses pemilahan produk dengan membedakan tempat untuk produk yang sudah expired dan tidak expired. Kendala ketiga adalah adanya ketidaksesuaian dalam surat pengajuan sampling dan stock barang yang disampling. Solusinya : Melakukan pencocokan stock barang dengan surat pengajuan sampling agar tidak terjadinya selisih.