PENGARUH PERENCANAAN PAJAK, UKURAN PERUSAHAAN, DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2019)

  • Trully Vega T Universitas Buddhi Dharma

Abstract

Penelitian dilakukan demi tujuan dapat pengaruh perencanaan pajak, ukuran perusahaan, dan financial leverage terhadap manajemen laba. Terdapat variabel dependen yaitu manajemen laba. Maupun variabel independen perencanaan pajak, ukuran perusahaan, dan financial leverage. Dengan menggunakan teknik purposive sampling yang menghasilkan 24 perusahaan sesuai dengan penelitian. Metode yang digunakan kuantitatif yaitu data sekunder diperoleh dari laporan keuangan perusahaan pada Bursa Efek Indonesia dan website resmi perusahaan.


Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan sampel yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dan website resmi perusahaan pada tahun 2015-2019.  Pengujian pada penelitian ini menggunakan program IBM SPSS Statistics 25 yaitu terdiri dari uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear bergamda, uji F (simultan), uji T (parsial), dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan dari hasil perhitungan yang telah diperoleh menghasilkan adanya pengaruh dari variabel independen yaitu perencanaan pajak dan financial leverage berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, dan variabel independen ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba

Published
2022-02-07
How to Cite
T, Trully Vega. PENGARUH PERENCANAAN PAJAK, UKURAN PERUSAHAAN, DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang dan Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2019). Global Accounting, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 58-62, feb. 2022. ISSN 2828-0822. Available at: <https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/ga/article/view/935>. Date accessed: 26 june 2022.